Digital Agency Jakarta | Landing Page, Cara agar Bisnis Digital Efektif

Digital Agency Jakarta. Landing Page merupakan halaman website yang khusus dibuat guna melakukan promosi digital. Promosi tersebut bisa berupa leads, sale produk, atau event terbaru. Ketika kita berbicara mengenai Digital Marketing (Digital Marketing Indonesia), Landing Page adalah salah satu alat pokok bahasan penting karena manfaatnya yang begitu beragam. Melalui Landing Page, kita dapat lebih mengarahkan konversi penjualan, meningkatkan trafik, dan juga lebih mengupayakan prospek.

Supaya makin jelas, yuk kita bahas secara detail!

Perbedaan Landing Page dengan Home Page
Secara umum, sebagaimana yang telah disinggung di atas, Landing Page adalah halaman khusus yang mana memiliki keperuntukkan menaikan trafik dan konversi melalui iklan digital. Sedangkan Home Page, ia merupakan halaman yang paling pertama muncul saat membuka atau mengakses sebuah website.

Apa yang ada di dalam website bersifat lebih umum. Artinya, di sana banyak section atau call to action button. Lebih banyak yang dapat kita telusuri dan hanya menggambarkan identitas pemilik website. Sementara Landing Page, halaman tersebut sifatnya lebih terkhusus pada tujuan yang telah dipilih. Biasanya, pada Landing Page hanya terdapat satu atau kurang dari tiga call to action sehingga cakupannya lebih sempit.

Selain itu, dari segi desain Landing Page kebanyakan sangat sederhana, khusus, dan simple. Berbeda dengan website, tampilan website akan lebih bersifat interaktif karena dirancang sedemikian rupa supaya pengunjung website betah untuk berlama-lama di website itu sendiri.

Pentingnya Landing Page di Dalam Digital Marketing
Terkait dengan hal ini, home page pada sebuah website dapat diibaratkan sebagai jaring pertama untuk menarik pengunjung. Hal ini dikarenakan, di dalam website berisi informasi umum menganai bisnis yang kita buat. Saat pengunjung sudah mengetahui apa yang mereka butuh dan inginkan, Landing Page dapat menjadi sebuah cara untuk dapat memberikan dua hal tersebut. Ketika itu, Landing Page bisa bekerja. Akan lebih baik jika pengunjung diarahkan langsung ke halaman Landing supaya mampu mengunjungi produk serta memberi mereka arahan, sehingga tetap dalam alur penjualan yang sesuai.

digital agency jakarta - landing page
 

Selanjutnya, dengan menggunakan Landing Page, kita dapat membaca pengunjung yang berpotensial. Yang mana, pengunjung tersebut bisa memberikan kita gambaran perihal target pasar dan tercapai atau tidaknya target itu. Dan lebih jauh lagi, bagi pelaku digital marketing sendiri, Landing Page mampu memperepat terjadinya transaksi-transaksi yang diharapkan.

Tips Membangun Landing Page yang Efektif
Dengan pengetahui pentingnya landing page, maka keefektifan dari pembuatan landing page sangat dibutuhkan. Landing page yang efektif dapat terciptanya tujuan dari promosi yang efektif juga. Berikut cara agar landing page dapat terbangun secara efektif:

  1. Alur Penjualan Jangan Ribet
    Alur penjualan yang ruwet amat berpengaruh terhadap minat pembeli. Dengan demikian, cobalah untuk merancang alur penjualan yang simple sehingga calon pembeli tidak malas untuk melakukan pembelian. Selain itu, rangkailah informasi yang bakal dituang ke dalam landing page tersebut agar menjadi konten menarik. Terakhir, pastikan bahwa landing page berfungsi sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

  2. Satu Landing Page untuk Satu Penawaran
    Jika Anda memiliki banyak produk untuk dipasarkan, maka cobalah untuk menjadikannya ke dalam halaman yang terpisah. Dengan demikian, landing page yang akan dibuat menjadi lebih fokus kepada satu penawaran. Landing page yang tidak fokus dan banyak penawarannya akan membuat calon pembeli bingung. Alhasil, mereka malah tidak tertarik dan membatalkan transaksi.

  3. Call to Action
    Kebanyakan orang setuju bahwa tampilan apapun itu, sekali pun website sangat menentukan ketertarikan pelanggan. Oleh karenanya, jadikan Call to Action (CTA) yang ada pada landing page tidak mengganggu penglihatan calon pelanggan. Ketika informasi produk habis, di bagian terakhirnya dapat dimasukkan CTA. Jika memungkinkan, buatlah CTA itu lebih dari satu. Namun kembali lagi, perlu diingat bahwa jangan sampai menjadikan alur penjualan yang bertele-tele. Perihal button, Jangan pakai menu navigasi, karena jika pakai maka itu akan menghilangkan tujuan utama pelanggan.
    Kemudian, kalau bisa munculkan testimoni penjualan produk sebab hal tersebut bisa membangun kepercayaan pelanggan. Dalam bisnis online, kepercayaan pelangan sangat penting adanya.

  4. Segmen Pasar
    Cobalah untuk membuat segmen pasar dalam ruang lingku yang sempit. Jadikan landing page sebagai halaman atau tempat anda dan calon pelanggan untuk berkomunikasi dengan baik.

  5. Buat Fitur Pembayaran yang Beragam
    Buatlah fitur pembayaran yang beragam. Cash on Delivery (COD) bisa dijadikan rekomendasi yang sangat bagus untuk dilakukan. Usahakan agar tidak menyusahkan pelanggan karena hal itu akan dilihat oleh pelanggan itu sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah 5 Destinasi Wisata Unik yang Harus Anda Kunjungi saat Merayakan Tahun Baru di Pulau Bali.

PENTINGNYA EMAIL DELIVERABILITY JANGAN SAMPAI EMAILMU MASUK SPAM!

Berikut adalah daftar 7 kafe terbaik di Bali yang menawarkan pemandangan pantai yang tropis