Pilihan Pemasangan Iklan di Media Digital
Melakukan pemasaran produk dengan menggunakan banner iklan di media online memerlukan strategi yang tepat. Salah satunya adalah menentukan media yang tepat, dan tepat sasaran sehingga dapat memberikan imbal balik yang positif bagi penghasilan perusahaan.
Untuk itu ketika akan melakukan media
placement, melakukan analisa target pemirsa dan juga menentukan media digital
yang pas untuk memasang banner iklan merupakan
salah satu faktor penting dalam menentukan sukses
atau tidaknya sebuah kampanye iklan.
Berikut ini adalah beberapa metode
pemasangan iklan media digital yang perlu dipertimbangkan.
Direct Placement
Metode direct placement umumnya dilakukan pada website yang telah memiliki tingkat kunjungan yang sangat tinggi dan dapat
menghasilkan exposure yang sangat besar.
Proses negosiasi pemasangan iklan ini
biasanya dilakukan langsung dengan pemilik website dan biayanya tergantung dari
jumlah durasi pemasangan iklan. Umumnya biaya direct placement ini cukup besar,
namun sepadan dengan ekposure yang diperoleh.
Namun sayangnya CTR yang dihasilkan
biasanya cukup kecil jika dibandingkan dengan impresi yang diperoleh. Angka CTR
yang diperoleh biasanya dikisaran angka 0,01%.
Managed Placement
Biaya yang besar pada Direct Placement, membuat metode
ini tidak bisa digunakan oleh semua advertiser. Oleh karena itu muncullah
metode yang dikenal dengan nama Managed Placement. Dengan metode ini,
sebuah spot iklan akan digunakan oleh beberapa advertiser secara bergantian.
Sistemlah yang nantinya
akan mengatur iklan mana yang muncul di sebuah spot. Sering atau tidaknya
sebuah iklan muncul, akan sangat tergantung pada budget yang kita siapkan dan
juga penawaran untuk sebuah klik. Semakin tinggi penawaran dan budget yang kita
sediakan maka akan semakin sering iklan kita tayang.
Biaya yang ditagihkan pada kita sesuai
dengan berapa banyak klik yang dihasilkan atau impresi
yang dihasilkan. Untuk klik disebut CPC (Cost Per Click) dan untuk impresi
disebut CPM (Cost per Mile Impression). Iklan sukses atau tidak, bisa juga dilihat dari nilai CPC atau CPM nya,
semakin kecil CPM dan CPC maka iklan tersebut dapat dikatakan iklan yang efisien.
Ad Network
Memasang iklan pada perusahaan Ad Network
memungkinkan kita sebagai advertiser memasang iklan di berbagai website yang
masuk dalam jaringan perusahaan Ad Network tersebut.
Sehingga dengan
budget yang terbatas, kita tetap dapat menampilkan iklan kita diberbagai
website yang ada di internet.
Programmatic
Buying
Coba perhatikan,
setelah kita melihat sebuah produk di marketplace, tidak lama kemudian, ketika kita membuka media sosial atau berkunjung
ke website tertentu, akan muncul
iklan dengan kategori sama dengan produk yang kita lihat di marketplace.
Ini merupakan pola retargeting yang
berasal dari algoritma programatic buying, yang melakukan profiling terhadap
pengunjung website dan kemudian dijadikan sebuah database untuk menayangkan
iklan yang khusus untuk orang tersebut.
Tingkat keberhasilan pemasangan banner
iklan memang masih diperdebatkan, namun berhasil
atau tidaknya pemasangan banner iklan sebenarnya sangat bergantung pada kejelasan
target iklan.
Oleh karena itu
sebuah digital agency jakarta yang dipercaya untuk melakukan kampanya iklan sebaiknya memiliki
parameter penilaian yang terukur untuk mengetahui keberhasilan pemasangan
iklan, dan dapat memperbaiki apabila hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.
Komentar
Posting Komentar