Pilihan Pemasangan Iklan di Media Digital

Melakukan pemasaran produk dengan menggunakan banner iklan di media online memerlukan strategi yang tepat. Salah satunya adalah menentukan media yang tepat, dan tepat sasaran sehingga dapat memberikan imbal balik yang positif bagi penghasilan perusahaan.                               

Untuk itu ketika akan melakukan media placement, melakukan analisa target pemirsa dan juga menentukan media digital yang pas untuk memasang banner iklan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah kampanye iklan.

Berikut ini adalah beberapa metode pemasangan iklan media digital yang perlu dipertimbangkan.

Direct Placement

Metode direct placement umumnya dilakukan pada website yang telah memiliki tingkat kunjungan yang sangat tinggi dan dapat menghasilkan exposure yang sangat besar.

Proses negosiasi pemasangan iklan ini biasanya dilakukan langsung dengan pemilik website dan biayanya tergantung dari jumlah durasi pemasangan iklan. Umumnya biaya direct placement ini cukup besar, namun sepadan dengan ekposure yang diperoleh.

Namun sayangnya CTR yang dihasilkan biasanya cukup kecil jika dibandingkan dengan impresi yang diperoleh. Angka CTR yang diperoleh biasanya dikisaran angka 0,01%.

Managed Placement

Biaya yang besar pada Direct Placement, membuat metode ini tidak bisa digunakan oleh semua advertiser. Oleh karena itu muncullah metode yang dikenal dengan nama Managed Placement. Dengan metode ini, sebuah spot iklan akan digunakan oleh beberapa advertiser secara bergantian.

Sistemlah yang nantinya akan mengatur iklan mana yang muncul di sebuah spot. Sering atau tidaknya sebuah iklan muncul, akan sangat tergantung pada budget yang kita siapkan dan juga penawaran untuk sebuah klik. Semakin tinggi penawaran dan budget yang kita sediakan maka akan semakin sering iklan kita tayang.

Biaya yang ditagihkan pada kita sesuai dengan berapa banyak klik yang dihasilkan atau impresi yang dihasilkan. Untuk klik disebut CPC (Cost Per Click) dan untuk impresi disebut CPM (Cost per Mile Impression). Iklan sukses atau tidak, bisa juga dilihat dari nilai CPC atau CPM nya, semakin kecil CPM dan CPC maka iklan tersebut dapat dikatakan iklan yang efisien.

Ad Network

Memasang iklan pada perusahaan Ad Network memungkinkan kita sebagai advertiser memasang iklan di berbagai website yang masuk dalam jaringan perusahaan Ad Network tersebut.

Sehingga dengan budget yang terbatas, kita tetap dapat menampilkan iklan kita diberbagai website yang ada di internet.

Programmatic Buying

Coba perhatikan, setelah kita melihat sebuah produk di marketplace, tidak lama kemudian, ketika kita membuka media sosial atau berkunjung ke website tertentu, akan muncul iklan dengan kategori sama dengan produk yang kita lihat di marketplace.

Ini merupakan pola retargeting yang berasal dari algoritma programatic buying, yang melakukan profiling terhadap pengunjung website dan kemudian dijadikan sebuah database untuk menayangkan iklan yang khusus untuk orang tersebut.

 

Tingkat keberhasilan pemasangan banner iklan memang masih diperdebatkan, namun berhasil atau tidaknya pemasangan banner iklan sebenarnya sangat bergantung pada kejelasan target iklan.

Oleh karena itu sebuah digital agency jakarta yang dipercaya untuk melakukan kampanya iklan sebaiknya memiliki parameter penilaian yang terukur untuk mengetahui keberhasilan pemasangan iklan, dan dapat memperbaiki apabila hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah 5 Destinasi Wisata Unik yang Harus Anda Kunjungi saat Merayakan Tahun Baru di Pulau Bali.

PENTINGNYA EMAIL DELIVERABILITY JANGAN SAMPAI EMAILMU MASUK SPAM!

Berikut adalah daftar 7 kafe terbaik di Bali yang menawarkan pemandangan pantai yang tropis