4 Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM

Di era digital saat ini, persaingan bisnis semakin ketat. Setiap bisnis harus melakukan berbagai upaya untuk menarik pelanggan potensial untuk bisnisnya masing-masing. Promosi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis saat ini harus lebih sering dilakukan melalui media digital agar dapat menjangkau calon konsumen dari produk yang ditawarkan. sudah banyak juga digital agency jakarta yang sudah menawarkan jasa ini.

Karena itu, para pelaku bisnis di era digital ini harus mampu melibatkan konsumen dengan strategi digital marketing yang tepat. Memilih digital marketing yang tepat bisa menjadi kunci penentu keberhasilan sebuah produk pemasaran.

Oleh karena itu berikut ini akan dibahas 4 strategi digital marketing yang cocok untuk UMKM.

1. SEO

Salah satu hal penting yang dimiliki para pebisnis saat ini adalah memiliki website yang teroptimasi dengan baik untuk SEO. Dengan memiliki website, para pelaku UMKM dapat mengakses pasar yang lebih luas, menjangkau seluruh pelosok Indonesia bahkan luar negeri.

Dengan memiliki website, seolah-olah kita memiliki toko yang buka 24 jam sehari untuk memenuhi kebutuhan calon konsumen. Namun memiliki website saja tidak cukup, pelaku UMKM harus bisa menjalankan strategi SEO yang bertujuan untuk mencapai halaman pertama dengan menggunakan kata kunci yang kita tetapkan.

Dengan berada pada homepage, website milik merchant UMKM akan dapat dengan mudah menemukan calon konsumen yang ingin membeli produk UMKM yang ditawarkan.

2. SEM

Strategi SEO merupakan salah satu cara yang paling murah bagi para pedagang UMKM, namun membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Untuk itu, pelaku UMKM juga harus menerapkan strategi digital marketing yang dikenal dengan SEM atau Search Engine Marketing. Strategi SEM ini adalah memasang iklan berbayar di berbagai platform online seperti Instagram, Facebook atau Google.

Salah satu bentuk SEM yang sering digunakan adalah dengan menggunakan PPC, pay per click, dimana kita hanya membayar untuk setiap klik pada link yang kita promosikan. PPC merupakan cara cepat untuk meningkatkan penjualan dan salah satu andalan merchant UMKM.

3. Social Media Marketing

Strategi pemasaran digital berikutnya adalah dengan menggunakan pemasaran media sosial. Seperti yang kita ketahui bersama, media sosial saat ini menjadi salah satu platform online yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia dan di seluruh dunia. Oleh karena itu, memanfaatkan pemasaran media sosial adalah salah satu strategi pemasaran digital yang tepat untuk UMKM.

Salah satu cara untuk melakukan pemasaran media sosial adalah dengan bekerja sama dengan influencer, yang juga dikenal sebagai selebriti. Influencer adalah seseorang yang sudah memiliki banyak pengikut di media sosial mereka.

Dengan bermitra dengan influencer, bisnis UMKM dapat membuat produk yang mereka jual tersedia untuk pengikut mereka

Dengan bermitra dengan influencer, bisnis UMKM dapat membuat produk yang mereka jual tersedia untuk pengikut influencer tersebut. Selain itu dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen untuk membeli produk UMKM karena dipasarkan oleh orang yang mereka kenal dan kagumi.

4. Pemasaran Email

Strategi pemasaran lain yang bisa digunakan UMKM adalah email marketing. Email marketing biasanya adalah email yang dikirimkan untuk menginformasikan kepada konsumen tentang berbagai informasi baru dari bisnis UMKM. Misalnya notifikasi promosi diskon produk atau notifikasi produk baru yang diluncurkan oleh UMKM.

Target konsumen dari strategi email marketing ini biasanya adalah konsumen yang sudah memiliki akun di website bisnis UMKM. 

Inilah 4 strategi digital marketing yang cocok bagi merchant UMKM untuk meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat. Anda sebagai pemilik brand bisa menggunakan jasa digital agency indonesia apabila tidak ingin repot melakukan ini semua. Semua akan di lakukan oleh digital agency.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah 5 Destinasi Wisata Unik yang Harus Anda Kunjungi saat Merayakan Tahun Baru di Pulau Bali.

Berikut adalah daftar lokasi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di Jakarta Timur

PENTINGNYA EMAIL DELIVERABILITY JANGAN SAMPAI EMAILMU MASUK SPAM!