Berikut adalah panduan lengkap langkah demi langkah dan tutorial video untuk mengatasi bumper pecah.

Bumper, atau yang juga dikenal sebagai bemper, merupakan bagian mobil yang terletak di bawah kap mesin mobil. Fungsinya adalah untuk melindungi bagian depan mobil dari benturan. Jika bumper mengalami kerusakan, bagaimana cara mengatasinya? Mari kita simak cara memperbaiki bemper mobil yang retak atau rusak agar tetap dapat melindungi mesin mobil Anda.

 

Bemper mobil yang retak memang dapat membuat suasana hati terganggu. Selain membuat mobil terlihat kurang menarik, performa mobil juga bisa menurun karena kap mesin mobil tidak terlindungi dengan baik. Jika bumper mobil pecah, langkah utama yang dapat Anda lakukan adalah membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

Namun, jika bemper mobil hanya tergores sedikit, ada baiknya Anda mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Cara memperbaiki bemper mobil yang retak tidak begitu sulit. Di sini, saya akan berbagi langkah-langkah lengkap beserta video tutorial tentang cara memperbaiki bemper mobil yang pecah atau rusak!

Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Pecah

Baik saat mengendarai mobil pribadi maupun mobil sewaan, Anda perlu berhati-hati dalam berkendara. Hal ini dikarenakan ketidakhati-hatian dapat meningkatkan risiko terlibat dalam kecelakaan. Keamanan Anda pun menjadi terancam dan mobil juga dapat mengalami kerusakan.

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, mungkin kerusakan mobil dapat ditanggung oleh asuransi. Namun, bagaimana jika Anda sedang menyewa mobil mingguan atau bulanan dan tiba-tiba mengalami kecelakaan yang mengakibatkan bemper mobil rusak? Tentunya Anda harus bertanggung jawab sendiri.

Jika kondisi keuangan Anda sedang terbatas dan membawa mobil ke bengkel tidak memungkinkan, Anda bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki bemper mobil yang pecah.

  1. Pertama, sebelum memperbaiki bemper, bersihkan bagian yang pecah agar proses perekatan dengan epoxy dapat dilakukan dengan baik. Anda dapat menggunakan bor turner untuk membersihkannya.
  2. Haluskan bagian yang pecah dengan menggunakan amplas. Proses ini juga akan memperluas area yang pecah, sehingga proses perekatan dengan epoxy akan lebih mudah.
  3. Gunakan amplas nomor 40 untuk menggosok bagian yang pecah.
  4. Setelah itu, bersihkan pecahan baik dari bagian dalam maupun luar dengan menggunakan aseton atau alkohol. Bersihkan hingga area pecahan terlihat lebih rata.
  5. Selanjutnya, tahan pecahan sekuat mungkin agar rapat. Anda dapat menggunakan tang untuk menahan pecahan bagian atas.
  6. Jika masih terdapat celah pada pecahan, gunakan selotip untuk menutup celah tersebut. Pastikan celah tertutup rapat agar pecahan tampak sejajar.
  7. Isi pecahan dengan campuran epoxy, dan di bagian belakang, gunakan selotip drywall untuk memperkuat sambungan pada retakan.
  8. Kemudian, oleskan campuran epoxy secara perlahan di bagian dalam celah pecahan. Pastikan tidak ada sisi pecahan yang terlewat.
  9. Perkuat kembali pecahan dengan menempelkan selotip drywall. Lalu, berikan lapisan epoxy pada bagian pecahan yang sudah ditempelkan dengan selotip.
  10. Tunggu hingga epoxy mengering selama sekitar 12 hingga 24 jam.
  11. Setelah dianggap kering, Anda dapat melepas tang yang digunakan untuk mengunci dua bagian yang pecah dan menempelkan bagian depannya menggunakan selotip.

Itulah langkah-langkah dalam memperbaiki bumper mobil yang pecah. Jika bagian depan mobil Anda mengalami benturan, pastikan untuk memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan. Jika ditemukan bumper mobil yang pecah, disarankan untuk mencari lokasi pecahan dan seberapa besar kerusakannya pada bumper.

Jika pecahannya kecil dan masih bisa diperbaiki sendiri, ikutilah langkah-langkah di atas untuk menghemat biaya. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk membawa mobil ke bengkel. Dengan menggunakan beberapa alat, Anda dapat dengan mudah memperbaiki bumper mobil yang pecah. Semoga informasi ini bermanfaat!

Video Tutorial Cara Memperbaiki Bumper yang Pecah

Apabila Anda ingin lebih memahami cara memperbaiki bumper yang pecah dengan lebih mudah, Anda dapat menonton tutorial video mengenai penanganan bumper rusak di sini.

Assa Rent: Sewa Mobil Di Manapun dan Kapanpun!

Apakah Anda sedang berlibur di Bali? Assa Rent memiliki cabang rental mobil di Bali yang siap melayani Anda kapan saja. Atau jika Anda sedang melakukan perjalanan bisnis ke Surabaya dan membutuhkan layanan sewa mobil Surabaya, jangan khawatir. Jaringan Assa juga telah meluas hingga ke Surabaya. Tak peduli ke mana pun Anda pergi, Assa Rent menyediakan layanan sewa mobil kantor atau pribadi untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Anda dapat menyewa mobil di Bali dengan supir atau sewa mobil di Bali tanpa supir, semuanya tersedia di Assa Rent! Jaringan luas AssaRent akan memudahkan Anda dalam menyewa mobil di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu, Assa juga menyediakan berbagai jenis mobil yang selalu siap memenuhi kebutuhan perjalanan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan ragu, sewa mobil di Assa Rent sekarang juga!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah 5 Destinasi Wisata Unik yang Harus Anda Kunjungi saat Merayakan Tahun Baru di Pulau Bali.

PENTINGNYA EMAIL DELIVERABILITY JANGAN SAMPAI EMAILMU MASUK SPAM!

Berikut adalah daftar 7 kafe terbaik di Bali yang menawarkan pemandangan pantai yang tropis